Sabtu, 10 Oktober 2020

MATERI Biologi SMA 12: Pertumbuhan Primer Tumbuhan

Hallo kawan-kawan, gimana nih rasanya udah kelas 12? Pasti seneng ya dan harus tambah semangat belajarnya. Nah! pada kesempatan kali ini aku bakal berbagi materi biologi tentang pertumbuhan primer tumbuhan, dipostingan kali ini aku bakal membahas dengan lengkap materi kali ini oke silakan disimak ya...


Pertumbuhan primer adalah proses pertumbuhan memanjang pada ujung akar dan ujung batang yang dilakukan meristem primer. Aktivitas sel-sel jaringan meristem primer menyebabkan pertumbuhan memanjang pada bagian ujung batang maupun akar. Meristem primer meliputi meristem apikal pada ujung akar, ujung batang dan tunas, serta meristem interkalar (dipangkal batang atau diantara ruas batang).  


Sebelumnya ada 2 teori yang menjelaskan tentang pertumbuhan primer atau teori titik tumbuh yaitu: 


Pertama, Teori Histogen oleh Hanstein : Meristem primer terbagi menjadi 3 jaringan  

1. Dermatogen akan menjadi epidermis 

2. Periblem akan menjadi Korteks 

3. Plerom akan menjadi stele (silinder pusat) 


Kedua, Teori Tunica-corpus oleh Schmidt : Meristem primer terbagi menjadi 2 jaringan 

1. Tunica akan menjadi lapisan luar 

2. Corpus akan menjadi lapisan dalam 


Meristem apikal merupakan jaringan yang akan berdiferensiasi menjadi Meristem primer.  Jaringan meristem primer terbentuk menjadi tiga jenis sebagai berikut:

1.     Protoderm, yaitu meristem primer yang terletak paling luar dan akan  membentuk epidermis.

2.  Prokambium, terletak dibagian paling dalam akan menjadi stele yang terdiri atas perisikel, berkas pembuluh xilem dan floem

3. Meristem dasar, terletak diantara protoderm dan prokambium, akan membentuk jaringan dasar, yaitu sel-sel parenkim pengisi korteks


Pertumbuhan Meristem Apikal:

Titik Tumbuh Akar





Titik tumbuh akar merupakan bagian jaringan meristem akar yang dilindungi oleh kaliptra (tudung akar). Tudung akar akan mengeluarkan lender polisakarida yang berfungsi untuk melumasi akar sehingga mengurangi gesekan antara ujung akar dan butir tanah. 


Berdasarkan aktivitas sel dan struktur jaringannya, titik tumbuh akar dibagi menjadi tiga zona, namun pembagian tersebut tanpa ada Batasan yang jelas


1.     Zona pembelahan sel : daerah pembentukan sel, dan sel nya aktif membelah secara cepat

2.     Zona pemanjangan sel: sel memanjang untuk mendorong akar ke dalam tanah

3.     Zona diferensiasi sel : sel mulai menunjukkan perbedaan bentuk dan ukuran, dan proses organogenesis


Titik Tumbuh Batang




Titik tumbuh batang merupakan bagian jaringan meristem pada ujung batang dengan tunas berupa kuncup. Kuncup tersusun atas sejumlah daun kecil yang menyelubungi pusat kuncup. Pada bagian paling ujung, terdapat meristem apikal berupa massa sel berbentuk seperti kubah. Meristem apikal akan menjadi meristem primer (protoderm, prokambium, dan meristem dasar).


Titik tumbuh batang tidak memliki pelindung khusus seperti pada ujung akar, tetapi jaringan pembalut bakal daunnya berfungsi sebagai pelindung. Zona tumbuh batang dibagi menjadi tiga: 


1.Zona pembelahan sel: memiliki sel meristematik dan juga bakal daun. Permukaan bawah bakal daun tumbuh lebih cepat daripada permukaan atas.

2.Zona pemanjangan sel: sel mengalami pemanjangan dan pembesaran pada zona ini.

3.Zona diferensiasi (pematangan) sel: daerah sel mengalami diferensiasi sehingga membentuk beberapa lapisan yang berbeda

Meristem Ruas Batang (interkalar)


 

Jaringan meristem yang terletak di bagian pangkal tiap buku pada tumbuhan yang berbuku-buku (rumput-rumputan). Pangkal ruas yang mengandung meristem ini, berwarna lebih muda dibanding dengan bagian tengah maupun ujung ruas batang. Meristem ini, berfungsi untuk menambah pertambahan panjang dan diameter ruas batang.


Nah kamu bisa dengan mudah memahami tabel pertumbuhan ini ya!!

 

Jaringan Awal

Meristem primer

Jaringan primer

Meristem Apikal

(akan berdiferensiasi menjadi tiga meristem primer)

Protoderm   (menjadi)→

Epidermis

Meristem dasar   (menjadi)→

Jaringan dasar:

Korteks

Empulur

Prokambium  (menjadi)→

Xilem dan Floem primer

 

oke, jadi itu pembahasan tentang pertumbuhan primer yang dialami oleh tumbuhan, semoga bermanfaat dan semangat belajar !!!



Sumber: Campbell, et. al. biologi jili 2 edisi 8, (2010),  Penerbit Erlangga: Jakarta

Bagikan

Jangan lewatkan

MATERI Biologi SMA 12: Pertumbuhan Primer Tumbuhan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.