MATERI Biologi SMA 12: Pertumbuhan Sekunder Tumbuhan


Hai kawan-kawan, kembali lagi pada postingan blog imhisyam.com kali ini yang masih seputar materi biologi, dan kali ini aku bakal berbagi sedikit materi tentang pertumbuhan sekunder tumbuhan, krn emang materi ini gabanyak si, jadi langsung disimak ya..


Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan tumbuhan menjadi semakin besar seperti batang tumbuhan yang semakin besar dan lebar. Pertumbuhan sekunder merupakan hasil aktivitas meristem sekunder, yaitu kambium pembuluh dan kambium gabus (felogen). Umumnya pertumbuhan sekunder terjadi pada tumbuhan Gymnospermae dan dikotil.


Jaringan kambium pembuluh terletak diantara jaringan pembuluh xylem dan floem. Pada tumbuhan tahunan, pertumbuhan sekunder terjadi bertahun-tahun sehingga lapisan demi lapisan xylem sekunder membentuk kayu yang disebut lapisan tumbuh (lingkaran tahun). Proses ini sangat dipengaruhi musim sehingga dari lingkaran tahun kita dapat menaksir usia suatu tumbuhan. 



Pertumbuhan sekunder tanaman berkambium

Floem sekunder dan jaringan diluarnya berkembang menjadi kulit. Selama bertahun-tahun, pertumbuhan kayu lebih cepat dan tidak seimbang dengan kulit. Epidermis yang dihasilkan akan pecah, mengelupas, dan jatuh dari batang.


Oleh karena itu, tumbuhan tumbuhan membentuk jaringan pelindung baru yang dihasilkan oleh kambium gabus (felogen). Sel-sel felogen membelah ke arah luar membentuk felem dan ke arah dalam membentuk feloderm. Ketiga jaringan ini secara kolektif disebut periderm.




Fisiologi pertumbuhan sekunder tanaman


Pada gambar diatas kamu dapat melihat bahwa apa yang disebut kayu pada tanaman sejatinya merupakan xylem sekunder yang terbentuk dari adanya aktivitas kambium vaskuler. Pada musim semi jumlah air cenderung melimpah sehingga diamater xilem yang dibentuk relatif lebih besar. sementara pada musim panas jumlah air cenderung terbatas dan diameter xilem yang terbentuk relatif lebih kecil. 


proses pertumbuhan xilem sekunder ini terhenti ketika tanaman mengalami dormansi selama musim dingin diawali dengan menggugurkan daun. kemudian siklus ini akan terulang kembali setelah musim semi tiba.



Skema Pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan berkayu:

Mula
Meristem primer
Jaringan primer
Meristem sekunder
Jaringan sekunder
Meristem Apikal
Protoderm
Epidermis


Meristem Dasar
Jaringan dasar:
·         Korteks
·         Empulur
Kambium gabus (felogen)
Felem
Feloderm
Prokambium
Floem primer
Xylem primer
Kambium Vaskuler
Floem sekunder
Xylem sekunder

 Oke itu dia guys, materi pertumbuhan sekunder tumbuhan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat belajar !!! 

Sumber: Campbell, et. al. biologi jili 2 edisi 8, (2010),  Penerbit Erlangga: Jakarta


MATERI Biologi SMA 12: Pertumbuhan Sekunder Tumbuhan MATERI Biologi SMA 12: Pertumbuhan Sekunder Tumbuhan Reviewed by izzuddinHisyaam on Oktober 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.