Kamis, 07 Mei 2020

Apa Itu OSKM? Mengenal Keseruan di OSKM ITB | OSKM 2019


OSKM ITB 2019

Halo guyss, ngga terasa sekarang kita udh sampe diakhir tahun ajaran baru. Pada kesempatan kali aku pengen berbagi pengalaman aku menjalani masa awal menjadi mahasiswa ITB. Mumpung juga teman-teman 2020 baru mau nyiapin persiapan UTBK 2020. Semoga ceritaku tulis bakal bisa memberi informasi bagi sobat semuanya.

Saat kita menjadi MABA bakal ketemu diawal adalah penyambutan untuk memperkenalkan pada dunia kampus tersebut. Tujuannya bermacam-macam yang jelas aku ngerasain sendiri bagaimana penyambutan jadi moment yang cukup berkesan bagiku untuk pertama kalinya mengenal dunia kampus.

 

Di ITB sendiri aku ketemu dengan namanya OSKM. Apa itu? OSKM sendiri adalah singkatan dari Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa ITB. Acara ini akan dilaksanakan selama tiga hari, cukup singkat bila dipandang sebagai masa pengenalan kampus. Tapi setidaknya disini kita akan didampingi oleh kakak tingkat yang akan menjawab setiap pertanyaan yang akan kita ajukan. Jadi ya semakin banyak tanya semakin banyak tahu.

 

Dalam hari-hari OSKM kita akan menggunakan baju SMA yang dlu. Untungnya aku pernah liat video OSKM 18 yang sebelumnya jadi tahu masalah itu dan kebawa juga tu seragam SMA sampai Bandung.

 

Oh iya, selama OSKM juga aku diwajib in dateng jam 6 pagi. Kebayang ga si bandung jam 6 pagi itu kayak apa. Menantang banget lah, dan itu kondisi udah harus sarapan pula. Diakhir baru bisa pulang itu jam 6 sorenya. Jadi bisa dibilang klo kita kegiatan itu full 12 jam seharian. Mana banyak geraknya keliling kampusnya. Jadi ya kerasa capek banget OSKM tiga hari itu.

 

Check Spek

Seperti kegiatan pengenalan pada umumnya, aku di OSKM juga disuruh buat bawa ini itu a.k.a spek. Beberapa dari itu berguna dan emang panitia tahu medan ya, but sisanya jadi kek beban tas doank yang berpotensi tertinggal dan jadi sampah. Pertama liat spek nya aku bingung nyari dimana, sebagai orang baru di Bandung.

 

Sore itu aku bersiap keliling kawasan kampus buat cari tu semua spek biar lengkap, temen gw nyodorin PO paket lengkap buat semua tu barang. Sial ternyata udah dikomersilkan juga, meski barangnya agak-agak mahal dikit biarlah, yang penting aku ngga perlu repot” nyari lagi.

 

Yang bikin aku tambah takjub dihari pengambilan PO spek ku banyak banget orang-orang jualan spek disekitar kampus ITB lengkap! Gila apa emang sama tiap taunnya ya kali, atau emang berkas file spek nya sampe ke mamang-mamang ini juga? Intinya klo lu besok jadi masuk ITB, aamiin dan disuruh bawa-bawa spek OSKM santai aja. Bakal banyak yang jualan spek lengkap yang tinggal lu beli aja. Pinter” cari yang ngga mahal” bet.

 

Note: ada spek yang paling susah dicari, yaitu barang sponsor. Bayangin aja, 4500 maba ITB suruh bawa sebuah produk sponsor yang sama untuk difoto pas acara OSKM. Saran gw semangat aja!!

Kegiatan OSKM

Setelah aku sholat shubuh, aku bingung mau ngapain. Air nya ngga nguatin buat lansung mandi tapi gapunya apa-apa buat diseduh. Cuman karena idealisme maba adalah haram terlambat hari pertama, akhirnya aku bisa. Deket sabuga aku dan maba lainnya dibarisin kek mau antri masuk anak study tour padahal kita maba buat masuk ke saraga yang isinya cuman lapangan bola.

 

Gadenk, pas itu ada panggung. Udah masuk gw disuruh lari” cari mana kelompok gw dengan ngeliat tongkat yang dibawa sama kakaknya. Mulai lah rangkaian opening seremony yang keren banget kwkw. Maklum SMA aku cupu.

 

Satu hal bikin gw paham dari ceremony klo ITB sangat heterogen dan lu bisa ngembangin apapun disini terlepas dari tagline “teknik, teknik, dan teknik”. Selanjutnya gw dikasi tonton warni jurusan yang keren banget dimana setiap jurusan punya jahimnya masing” dengan warna yang khas satu dengan lainnya. Intinya disini kita saling bersinergi sesuai dengan minat dan bakat kita untuk memajukan Indonesia.

 

Selepas acara itu mulailah kita berkenalan dengan kelompok (baca: keluarga) baru kita di OSKM itu. Disini yang ngga ku expect lagi adalah maba ITB asalnya dari mana-mana dan aku juga sendiri yang dari DIY dikelompok.

 

Sorenya kita bakal dikenalin sama yang namanya kating fakultas. Pastikan kalian udah ngerti ya klo taun pertama di ITB tu blom masuk jurusan, jadi ya kita bakal ketemu kating yang ngurus fakultas dlu sebelum jurusan.

 

Aku dikumpulin sama temen satu fakultas buat kenalan dikelilingi bendera segede lapangan futsal biar keren. bakal ada juga pemilihan PJ angkatan buat penghubung dengan kating. Mulai dari sini ni, bakal keliatan siapa” nya yang bakal jadi jangkar angkatan fakultas.


Pelaksaan Ibadah Selama OSKM


Hal menarik yang aku perhatikan lainnya adalah pelaknasaan ibadah sholat selama OSKM ini jadi bisa dibilang dengan banyaknya jumlah peserta OSKM setiap tempat yang kita pakai itu gaada tempat sholat yang memadai. Akhirnya kita bakal sholat di tempat terbuka gitu, berjamaah sama yang lain. ternyata ini alasan kenapa spek harus bawa ponco sm air kran 1,5 lt, berat tau, blom sama minum nya lagi.

 

Setiap waktu sholat dhuhur dan ashar akan ada panitia dari kakak GAMAIS yang bertugas memandu maba bikin shaf dan jadi imam sholat. Setiap kita akan wudhu dengan air yang dibawa masing-masing bergantian dengan temannya.

 

Selepas itu menggelar ponco sebagai alas sholat. Jujur aja ini emang bikin ribet si karena becek sama air wudhu kakinya kotor lagi. Cuman aku pikir ini masih menjadi solutif mengingat hampir 2500 maba muslim sholat dalam satu waktu.

 

Satu yang bikin ini keren adalah karena ketika pelaksanaan sholat berlangsung ada yang mengabadikan lewat drone. Ini yang bikin ITB itu beda, kita ngga sekedar bikin koreo kayak kampus lainnya, tapi formasi dunia akhirat wkwk. Biasanya foto ini akan viral sebagai eksistensi kampus ITB yang kuat dengan karakter mahasiswanya yang baik.


Materi dan Talkshow di SABUGA ITB

Yang paling sering tapi kadang bikin ngantuk itu klo udah materi di gedung sabuga. Jujur setiap materi dan talkshow yang ada saat OSKM itu diisi oleh pembicara hebat.

 

Dengan ilmu mereka kita dibawa pada materi” yang penting bagi dasar pemahaman kemahasiswaan kita. Di dalam penyampaian materi kita bakal mendengar bagaimana para pembicara melewati masa mahasiswa mereka hingga perjuangan setelah lulus kuliah yang akhirnya menghantarkan mereka sampai di titik saat itu.

 

Salah satu point utama dalam setiap sesi materi adalah aku selalu bisa mendapatkan insight baru tentang apa yang sedang terjadi di dunia saat ini. Bagaimana persiapan yang harus kita lakukan agar mampu dan siap untuk mengisi pos” pekerjaan yang masih kosong tersebut atau yang akan muncul kedepannya.

 

Terakhir kalian bisa menonton after movie yang udah keren-keren dibuat sama liga film mahasiswa, divideo ini kalian bisa melihat dengan lebih jelas seperti apa kegiatan dan keseruan OSKM ITB di dalam nya...!!


-------------------

Jadi itu sekilas kegiatan dari OSKM ITB 2019 sendiri. Masih banyak sebenernya keseruan lain seperti lorong massa, aneka perform, orasi pelangi, dan yang paling rmengenang adalah salam ganesha pertama yang bakal kalian alami euforianya disini. Bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah di ITB, tetap semangat untuk memantaskan diri ya!!


 



Bagikan

Jangan lewatkan

Apa Itu OSKM? Mengenal Keseruan di OSKM ITB | OSKM 2019
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.