Jumat, 31 Juli 2020

Ketahui 4 Hal Penting ini Kalau Kamu Ingin Masuk ITB



Halo guys, kembali pada postingan imhisyam.com, masih dalam #CeritaITBku tentang pengalaman kuliah di ITB. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di ITB ada baiknya kamu mengetahui hal penting yang bakal aku bahas dibawah ini. Karena dari banyaknya adik kelas dan temen yang pengen nyobain daftar kuliah di ITB masih banyak yang masih belum ngerti sama hal-hal berikut.

Juga, berdasarkan pengalaman yang aku dapat, kuliah di ITB itu punya beberapa perbedaan, khususnya waktu awal kamu masuk. Okedeh, biar ngga kebayakan prolog langsung aja kita bahas apa aja hal penting yang wajib kamu tahu sebelum kuliah di ITB.

Pertama, Sistem Kuliah  
Sistem kuliah di ITB sebenarnya ngga ada perbedaan yang mencolok dan bener-bener beda dari kampus lainnya, tapi yang perlu kamu tahu saat hendak mendaftar kuliah di ITB adalah kamu tidak akan langsung mendapatkan prodi yang kamu inginkan! Kenapa demikian? Karena saat kamu dinyatakan lolos menjadi MaBa ITB, yey! Kamu akan menjalani dulu yang namanya TPB, akronim Tahap Persiapan Persama.

Nah, intinya setahun pertama kamu kuliah di ITB kamu hanya akan mendapat identitas kuliah berupa fakultas saja tanpa program studi. Dimana kamu akan belajar materi kuliah dasar dan pengantar di fakultas masing-masing. Pengen tahu lebih jauh tentang TPB udah pernah aku tulis di sini...

Setelah kamu menyelesaikan massa studi TPB barulah kamu akan dijuruskan sesuai dengan minat dan preferensi kamu. Teknis nya gimana sih? Bakal ujian lagi? Jawabannya adalah tidak. Buat masuk jurusan kamu tidak perlu ujian lagi, tapi... pakai IPK selama TPB kamu. Duar!
Maka dari itu pasti banyak drama yang menghiasi selama penjurusan pastinya, hehe. So, masuk ITB itu kuliahnya berjuang dua kali guys, buat masuk ITBnya sama buat masuk Jurusannya.

Kedua, Program Peminatan
Waktu mau pilih fakultas pasti kalian akan mendapatkan tawaran untuk mendaftar program peminatan.

Sebenernya apa maksud dari program peminatan itu? Seperti yang udah aku jelasin disistem kuliah bahwa kalian akan dijuruskan setelah tahun pertama atau menyelesaikan TPB. Nah, ternyata dalam suatu fakultas ada program studi yang jarang atau sedikit peminat yang memilih jurusan tersebut.

Hingga kadang muncul streotip atau stigma bahwa mahasiswa jurusan tersebut adalah orang buangan yang gagal mendapat jurusan lain di fakultas tersebut. Oleh karena itu, untuk menghilangkan hal tersebut sekaligus agar bangku jurusan tetap terisi sesuai kapasitas. ITB membuat program peminatan khusus untuk jurusan yang relatif sepi pemilih saat penjurusan pascaTPB.

Jadi, kalau kamu memilih peminatan dari awal bisa dipastikan itu akan menjadi jurusanmu selama berkuliah di ITB nantinya, tentu dengan syarat kamu juga harus lulus dari TPB terlebih dahulu. Lantas bagaimana saat penjurusan? Ya jurusanmu sudah otomatis terisi dengan jurusan peminatan yang kamu pilih.

Sehingga kabar baik buat kamu jika ternyata jurusan yang kamu minati masuk dalam program peminatan. Karena kamu tidak berpotensi untuk terlempar dari jurusan yang kamu minati tersebut. Meski begitu tetap jaga prestasi belajar selama TPB yang guys! Hehe.
Apakah kalau mendaftar peminatan bisa milih jurusan lain pas penjurusan? Ya nggak donk guys, kan dari awal kamu diterima udah bilang kalau kamu minat di jurusan tersebut jadi ya gabisa pindah.


Ketiga, Kuliah Multikampus
Berbeda dengan Univ lain yang sering disebut bersama dengan ITB yakni UI atau UGM. Dimana kampus UI dan UGM itu terpusat dalam satu kompleks yang luas dengan berbagai sarana pendukung didalamnya. Sementara kampus ITB yang berada di Bandung luasnya sangat terbatas. Bahkan menurutku luas kampus ITB Ganesha Bandung dengan UGM Yogyakarta itu cuman sepersepuluhnya alias kecil banget.

Maka dari itu untuk menunjang pengembangan dan kematangan proses perkuliahan, ITB butuh tempat lagi sebagai kampus selain di ganesha, Bandung. Karena udah ngga mungkin meluaskan kampus yang ada di Bandung. Jadilah dibangun kampus diluar bandung yang saat ini berada di Jatinangor, Sumedang deket sama UNPAD, sama satu lagi ada di Kabupaten Cirebon.

Nah di kampus luar Bandung tersebut rencananya akan difokuskan untuk diversifikasi jurusan khususnya jurusan yang diminta oleh pemprov jabar dikembangkan oleh ITB guna menyelesaikan tantangan di Jawa Barat. Jadi bisa dibilang selain kampusnya baru, jurusan yang ada didalam kampus diluar Ganesha terhitung masih baru juga.

Meski begitu ITB tetap menjaga standar dalam kualitas pendidikan yang didapat oleh setiap mahasiswanya. Apalagi jurusan baru yang ada di ITB terbilang cukup menarik karena didasari pada kebutuhan yang muncul seiring perkembangan zaman, jadi gausa takut masalah prospek. Bahkan beberapa jurusan baru ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT hingga akreridatasi luar negeri juga udah juga. Keren!!

Keempat, Fakultas Multikampus
Pasti pernah baca donk ya ada misalnya FTI-J atau FTSL-J dan lainnya. Apasih maksudnya? Selain tempat perkuliahannya nanti berada diluar kampus Ganesha, ada hal lain yang harus tahu! Yaitu isi dari program studinya. Aku ambil contoh yang sering ditanya sama adik kelas ku aja nih, hehe...

Teknik Industri misalnya, berada di Fakultas Teknologi Industri bersama jurusan lain seperti Teknik Kimia. Nah, kamu kalau daftar pasti lihat persaingan dan passing grade kan? Trus agak minder sama FTI-G karena tulisannya tinggi banget, dan berniat ambil FTI-J yang lebih aman buat kamu misalnya. Apa tetap bisa belajar di Teknik Industri? Jawabannya adalah TIDAK!

Seperti yang aku tulis di multikampus, kalau jurusan di luar kampus ganesha juga saat ini masih berisi jurusan yang relatif baru. Jadi kalau misal kamu pilih FTI-J maka kamu hanya bisa memilih jurusan yang dipelajari di Kampus Jatinangor saja. Misalnya, ada teknik pangan.
Jadi gabisa pilih teknik industri donk? Iya emang gabisa. Kalau kamu mau masuk teknik industri harus bersaing masuk FTI-G guys.

Eh tapi nih tapi, belakangan sedang direncanakan ekspansi jurusan tinggi peminat di fakultas multikampus. Artinya kedepan bisa jadi jurusan seperti Teknik Industri yang diminati banyak calon mahasiswa dibuka pada fakultas multikampus.


Nah, itu tadi empat hal penting yang harus kamu ketahui kalau ingin masuk ke ITB. Jika pengen tanya-tanya sabi banget dm lewat igku guys! Semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat wawasan ke-ITBan mu ya. Terimakasih dan nantikan tulisan selanjutnya. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Ketahui 4 Hal Penting ini Kalau Kamu Ingin Masuk ITB
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.