Senin, 03 Agustus 2020

Mengenal Jurusan Rekayasa Pertanian ITB, Engineer Pertanian Masa Depan


Sebenarnya aku tertarik pertanian, tapi kok pengen belajar teknik juga ya...

Ada yang kayak gini ngga sekarang? Bingung milih jurusan soalnya punya banyak minat! Wah keren lah kalau kamu termasuk orang yang seperti itu. Karena berarti kamu sudah cukup mengeksplor minat dan bakat kamu. Tinggal sekarang menentukan sesuatu yang akan menjadi fokus kehidupanmu.


Suka teknik sekaligus bidang pertanian? Coba baca tulisan ini untuk menemukan solusi yang kamu butuhkan. Memperkenalkan jurusan Rekayasa Pertanian (RK) ITB. Engineer nya pertanian masa depan! Wadaw keren deh, tapi kayak pernah denger. Mirip sama jurusan ‘itu’ kan?


Eittss, ini berbeda dengan Teknik pertanian ya..


Kalau teknik pertanian lebih berfokus pada mesin dan manufaktur pertanian, di jurusan ini kamu belajar bagaimana merancang sebuah sistem pertanian terpadu masa depan!


Udah lanjutin baca aja, daripada penasaran, ntar nyesel...


Selayang Pandang Jurusan Rekayasa Pertanian ITB

Rekayasa Pertanian ITB merupakan program studi yang terbilang baru dibanding jurusan lainnya. Dimana jurusan ini merupakan bidang interdisiplin yang mengkombinasikan ilmu teknik rekayasa dalam pengaplikasiannya pada bidang pertanian.


Dengan berfokus pada penciptaan inovasi sistem pertanian yang bertumpu pada kekuatan alam tropis Indonesia. Di RK ini kamu akan diajarkan bagaimana memahami sistem pertanian dan berinovasi untuk menciptakan pertanian yang memiliki efisiensi tinggi baik dalam energi, materi, dan ekonomi. Serta ramah lingkungan tanpa polutan berbahaya.


Disini kamu akan belajar bagaimana menciptakan suatu sistem pertanian terpadu yang kini menjadi semakin penting untuk terus dikembangkan dan teruskan mengingat semakin banyaknya persoalan yang kompleks yang melingkupi pertanian konvensional saat ini.


Dijurusan ini kamu tidak hanya akan diajarkan mengenai pertanian konvensional saja. Lebih dari itu, kamu akan diajarkan banyak hal yang berkaitan guna menciptakan inovasi sistem pertanian. Bahkan awal belajar di fakultas SITH-R kamu malah akan diberikan pengantar teknik.


Gimana? Tertarik buat tau pembelajaran didalam jurusan ini? Next kuyy..


Belajar Apa sih di Rekayasa Pertanian?

Karena tujuan umum jurusan ini adalah untuk menyiapkanmu menjadi seorang engineer pertanian profesional. Maka kamu akan diajarkan ilmu mengenai dunia teknik dan pertanian.


Udah mulai kebayangkan? Ya pertama tentu saja kamu harus memahami bagaimana sistem pertanian saat ini. Itu akan kamu dalami di matakuliah anatomi fisiologi tumbuhan, agroklimatologi, kimia pertanian, Agroekologi, dan Pengenalan Lingkungan.


Dari situ intinya kamu bakal banyak bersinggungan dengan pertanian konvensional saat ini dulu lah, setelah itu baru mulai mengenal dunia teknik rekayasa lebih lanjut. Kamu akan belajar seperti mekanika fluida, statistika pertanian, neraca massa dan biomassa pertanian, teknologi benih dan sistem pertanian terpadu.


Nah, karena pertanian terpadu biasanya adalah perpaduan budidaya hewan dan tumbuhan. Kamu juga akan belajar mengenai hewan-hewan yang sering diternakan untuk dimanfaatan sebagai sumber pangan manusia. Gimana sih, biar sekali bikin sistem pertanian, kamu bisa panen tanaman dan hewannya sekaligus.


Gila sih, itu keren banget..!


Ngga cuma pertanian dan teknik rekayasa aja nih yang dipelajari. Kamu akan tetap dibekali dengan ilmu yang berkaitan dengan dua itu. Seperti manajemen kewirausahaan agribisnis, penangan pascapanen, sosiologi pertanian, sampai kebijakan apa saja yang mengatur dunia pertanian saat ini.


Fun fact! Kalau adalah seseorang yang suka dengan dunia IT, jangan khawatir! Disini kamu tetap akan punya kesempatan dan mengembangkan IT dalam dunia pertanian. Seperti menyusun pemograman instrumentasi dan otomasi pertanian.


Ngoding-ngoding dan nyusun sensor pertanian bakal kamu rasain saat kuliah di RK ini. Kalau tertarik dengan wirausaha teknologi? Bisa juga. Kamu bakal diajarkan tentang e-bussiness dan big data pertanian.


Lengkap banget ya!? Mantep lah pokoknya...


So, buang jauh-jauh kalau pertanian adalah jurusan yang sebelah mata dan ngga penting. Karena pertanian masa depan adalah harapan kita semua.


Kamu yang Cocok Masuk Rekayasa Pertanian

Udah tau belajar apa disini.. selanjutnya aku bakal kasih motivasi untuk semakin yakin masuk jurusan ini.


Pertama jurusan ini cocok buat kamu yang udah punya niat untuk mendalami dunia pertanian masa kini dan masa depan. Jadi kamu udah punya motivasi diri yang kuat untuk berperan dalam kemajuan agraria Indonesia!


Dijurusan ini kamu akan berlatih dan belajar dengan sifat teliti pada setiap detail, tekun, suka melakukan observasi dan analisis. Setelah itu kamu juga akan sering melakukan penelitian dan riset untuk memecahkan masalah pertanian disini.


Akreditasi Jurusan Rekayasa Pertanian ITB

Masalah akreditasi gimana tuh?

Pertanyaan yang penting dan sering ditanyakan ini nih. Masalah akreditasi jurusan Rekayasa Pertanian ngga perlu kamu ragukan lagi. Karena jurusan ini sudah mendapatkan Akreditasi A oleh BAN-PT. Mantep banget kan! Dan ngga hanya itu lho, jurusan RK juga telah mendapat Akreditasi Internasional dari IABEE.


IABEE merupakan lembaga yang dibentuk oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang bertanggungjawab terhadap akreditasi program studi bidang teknik, teknologi, dan komputasi jenjang sarjana.


So, udah pasti kan ya, jurusan ini memang berkualitas dan worth it untuk kamu tekuni.

 

Prospek Kerja Lulusan Rekayasa Pertanian ITB

Seiring dengan perkembangan penduduk, dunia industri, dan teknologi. Dunia pertanian kita juga sudah waktunya untuk turut berevolusi. Melihat semakin banyaknya masalah dalam pertanian konvensional saat ini.


Lulusan RK diharapkan mampu untuk menjadi seorang petani profesional yang memahami sistem pertanian terpadu yang mengimplementasikan teknologi didalamnya. Guna meningkatkan efisiensi dari sistem pertanian itu sendiri.


Kamu bisa menjadi seorang petani profesional untuk mulai berwirausaha dan bisnis. Kamu juga dapat menjadi tenaga ahli dalam perusahaan atau lembaga pemerintah, tenaga ahli dalam industri pertanian, atau berfokus pada LSM.


Berdasarkan tracking alumni oleh ITB. Lulusan rekayasa pertanian juga banyak merintis start up pada bidang teknologi pertanian. Seperti drone pertanian dan otomasi.


Intinya selama kamu bersungguh-sungguh dalam mengembangkan diri untuk menguasai ilmu yang kamu pelajari. Akan banyak lapangan pekerjaan yang dapat kamu isi dan bahkan ciptakan sendiri!!

-----------

Nah, penjelasan mengenai jurusan Rekayasa Pertanian ITB sudah selesai. Jurusan pertanian masa depan yang akan menyiapkanmu menjadi seorang engineer pertanian unggul. Dengan begitu harapan kita untuk kemajuan pertanian Indonesia akan semakin nyata terwujud.


Jadi apa kamu sudah semakin tertarik kuliah di RK? Masih ada pertanyaan? Sabi banget buat kontak pada halaman about me blog ini. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan terimakasih sudah bersedia membaca!

 

Referensi:

https://rencanamu.id/cari-jurusan/pertanian/rekayasa-pertanian

https://rp.sith.itb.ac.id/


Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Jurusan Rekayasa Pertanian ITB, Engineer Pertanian Masa Depan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.