Mengenal Fakultas SITH-R ITB, your Future Engineer, Born Here

Source: pixabay.com


Duh bingung, ambil jurusan apa ya...
Keluhku waktu itu yangg masih duduk di bangku kelas 12 SMA. Bingung mau ambil jurusan apa, rasanya telah menjadi masalah klasik yang dialami hampir semua siswa akhir SMA yang memutuskan hendak melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi.

Termasuk aku, yang sudah beberapa kali ikut acara faculty fair untuk mengumpulkan informasi seputar dunia kuliah. Mencari tahu banyak jurusan dari berbagai kampus dengan keunggulan dan kelebihan masing-masing. Diceritakan dengan asik oleh kakak mahasiswa yang menjaga stand, membuatku dapat banyak informasi baru sekaligus bikin tambah bingung buat milih jurusan kuliah.

Nah, apakah kamu saat ini sedang mengalami hal yang sama?
Kalau iya. Baiknya kamu lanjutkan baca catatan ini, karena aku bakal memperkenalkan sebuah fakultas keren yang berada di ITB.

Oke, aku gabakal cerita gimana sampai aku bisa masuk kesini. Itu bisa kamu baca disini dan kali ini aku bakal cerita tentang fakultasnya aja dan apa yang menarik dari fakultas ini, kuy mulai!

Mengenal SITH-R ITB
SITH-R merupakan singkatan dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati-Rekayasa ITB. Dibanding fakultas lainnya atau umur dari kampus ITB sendiri. Umur fakultas ini bisa dibilang masih sebiji jagung yang baru akan tumbuh.

Eits, tapi jangan salah. Fakultas ini baru karena program studi didalamnya merupakan jurusan yang menggabungkan banyak disiplin ilmu atau biasa dikenal dengan jurusan interdisiplin ilmu. Yah, fakultas ini lahir sebagai jawaban atas tantangan masalah di masa depan yang semakin kompleks dan butuh wawasan luas untuk memahami dan merumuskan solusinya.

Seperti judul catatan ini “your future engineer, born here” memang layak disematkan pada fakultas ini karena memang fakultas ini diciptakan untuk menyiapkan insan akademis atau seorang rekayasawan yang siap menjawab kompleksnya masalah dimasa depan.

Sebagai contoh, Pasti kamu mengenal jurusan seperti teknik sipil atau arsitektur. Jurusan yang mungkin dari waktu bapak kamu kuliah itu sudah eksis, bahkan Ir.Soekarno juga merupakan alumni teknik sipil ITB angkatan pertama!! Jadi emang jurusan-jurusan itu sudah lama ada.

Keunggulan Fakultas SITH-R ITB
Berbeda dengan jurusan lain, jurusan di SITH-R ini lahir dari masalah keilmuan masa depan yang semakin kompleks dan saling berkaitan. SITH-R ITB lahir sebagai fakultas yang menjembatani antara dunia teknik khususnya perekayasaan dalam aplikasinya didunia hayat. Fun fact buat kamu, lulusan dari jurusan ini akan mendapat gelar sarjana teknik juga lho!!

Pastinya kuliah difakultas ini kamu bakal belajar dunia teknik yang ngga jauh-jauh dari yang namanya matematika dan fisika, dan teknologi informasi masa kini. Ditambah dunia hayat yang akan jauh-jauh dari kimia dan biologi! Kamu merasa anak IPA banget? Kuyy lah masukin ini jadi daftar referensi fakultas kuliah kamu..

Dan karena fakultas ini lahir sebagai solusi masa depan, kamu ngga perlu khawatir dengan yang namanya prospek kerja! Karena selama kamu menguasai ilmu yang kamu pelajari. Akan banyak lapangan kerja yang dapat kamu isi bahkan ciptakan selepas lulus dari sini.
Jurusan di SITH-R ITB
Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati-Rekayasa memiliki empat jurusan atau program studi yang dapat teman-teman pilih jika berminat melanjutkan kuliah di fakultas ini. Yaitu Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, dan Teknologi Pasca Panen.
Lanjutkan baca ini! Karena aku akan mengenalkan sedikit tentang jurusan tersebut.

1.  Rekayasa Hayati
Mengutip dari website resmi ITB, Rekayasa hayati (RH) merupakan jurusan interdisiplin llmu Kehayatan (Bio-sciences) dan Teknik (Engineering) yang diaplikasikan dalam perekayasaan berbasis biosistem untuk meningkatkan efisiensi fungsi dan manfaat biosistem untuk bioindustri.

Perekayasaan disini mencakup pengertian, seperti perekayasaan proses biologis, pengoperasian agen hayati terekayasa, pembuatan peralatan baru berbasis biosistem atau teknologi untuk pengembangan biomaterial.

Intinya disini kamu akan belajar bagaimana cara merekayasa suatu sistem produksi berbasis tumbuhan sebagai mesin produksinya.


2.  Rekayasa Pertanian
Jurusan rekayasa pertanian akan menempamu menjadi seorang engineer yang berfokus pada masalah” pertanian masa kini! Buang jauh-jauh anggapanmu kalau lulusan jurusan ini hanya akan menjadi petani yahh.

Lebih jauh dari itu, kamu tidak hanya diajari pertanian konvensional disini, tetapi bagaimana merekayasa lahan menjadi pertanian terpadu! Seperti yang dijelaskan di web ITB. Bahwa disini kamu akan ditempa agar mampu mengembangkan sistem pertanian yang bertumpu pada kekuatan alam tropis negara kita.

Untuk menghasilkan produk pertanian yang beragam dengan efisiensi energi, materi, dan ekonomi. Tanpa mencemari lingkungan dengan polutan yang membahayakan.

Fun fact! Meski namanya prodi pertanian kamu akan belajar banyak hal disini. Termasuk bagaimana menciptakan otomasi yang pake robot sama koding-koding itulah.. keren kan!!


3.  Rekayasa Kehutanan
Hutan Indonesia akan habis!? Nah itu dia gengs masalahnya. Jangan karena hutan kita mau habis justru kita tinggal diam dan merasa kuliah kehutanan gaada gunanya. Malah harusnya kita peduli donk sama hutan kita..

Di Rekayasa Kehutanan (RK) kamu akan belajar interdisiplin ilmu kehutanan dengan rekayasa yang diaplikasikan dalam bioproses serta biosistem untuk menjaga kelestarian hutan, memanipulasi hutan agar pemanfaatannya berkelanjutan, dan mengkontruksi hutan-hutan baru.

Menariknya, lulusan RK ini bisa berkarier dibanyak bidang. Contoh pertambangan! Ya bener, pertambangan. Karena lulusan jurusan ini dididik agar cakap dalam mengkontruksi hutan baru, maka tidak sedikit dari mereka yang bekerja di perusahaan tambang.

Bagaimana melakukan reforestasi lahan yang telah habis dikeruk isinya. Sehingga tidak menjadi fenomena kerusakan alam.

4.  Teknologi Pasca Panen
Tau ngga kalau krisis pangan di negara kita bukan semata-mata karena jumlah produksi pertanian kita sedikit. Tapi penanganan pasca panen yang masih jauh dari kata baik. Sehingga banyak hasil pertanian kita yang rusak dan tidak dapat dimanfaatkan begitu saja tak lama setelah dipanen.

Nah masalah kehilangan pasca panen ini bahkan tidak hanya dialami di negara kita saja, tapi menjadi masalah utama bidang off farm semua negara yang berproduksi di bidang pertanian.

Disini kamu akan belajar merekayasa penanganan pasca panen untuk memproses, menjaga, dan memanipulasi hasil panen. Pernah kebayang ngga sih, kan hasil panen negara kita misal buah itu banyak. Sampai diekspor ke negara lain misal eropa yang beriklim subtropis.

Nah, gimana caranya buah tropis yang dipanen di Indonesia, trus dikirim ke eropa yang sampai sananya bisa lebih dari seminggu. Tapi pas dijual disana masih glowing-glowing menarik kayak disupermarket kita..

Dijurusan ini kamu akan menemukan jawabannya, bagaimana menjaga kualitas dari hasil panen yang telah kita lakukan. Bahkan menciptakan inovasi penangan pascapanen sendiri, menarik banget kann!!
----------------------------
Oke itu tadi semua pengenalan fakultas SITH-R ITB. Semoga menjadi informasi baru bagi temen-temen semua tentang beragamnya jurusan perkuliahan. Gimana? Berminat kuliah di SITH-R ITB? Jurusan apanih kira-kira?

Kalau mau nanya-nanya sabi kontak lewat medsos yang ada di about me blog ini. Semoga tulisan bermanfaat buat kamu, dan terimakasih sudah bersedia membaca!!

Mengenal Fakultas SITH-R ITB, your Future Engineer, Born Here Mengenal Fakultas SITH-R ITB, your Future Engineer, Born Here Reviewed by izzuddinHisyaam on Agustus 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.