Kamis, 10 September 2020

3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Pilih Kerja Sambil Kuliah

 

Source: unsplash.com

Halo kawan semua, kamu pasti sepakat bahwa kuliah merupakan waktu yang penting untuk dioptimalkan dengan menambah pengalaman serta kemampuan. Berbagai kesempatan dapat kamu maksimalkan untuk menjadi pengalaman, termasuk bekerja. Yap! Bekerja sambil kuliah bukanlah hal mustahil. Pengalaman kuliah sambi bekerja akan memberikan banyak kenangan dan pengembangan diri padamu.


Lantas bagaimana caranya bisa kuliah sambil bekerja? Jika kamu penasaran, ayo lanjutkan membaca ini untuk menuntaskan kepomu!!


Salahkah Kerja Saat Kuliah?

Pada dasarnya dunia kuliah adalah waktu dan kesempatan dimana kita akan berproses menjadi seorang insan akademis dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang ditekuni. Sehingga diharapkan ketika kamu lulus nanti dapat menjadi seseorang yang bisa memberikan kontribusi sesuai kompetensi yang kamu miliki.


Dari situ apakah menggunakan masa-masa kuliah kamu untuk bekerja adalah hal salah? Tentu tidak. Mengambil pekerjaan sewaktu kuliah juga dapat kamu jadikan sebagai kesempatan untuk belajar. Meskipun pekerjaan yang kamu jalani tidak sejalan dengan bidang ilmu yang sedang kamu tekuni. Karena selepas lulus nanti tidak akan ada menjamin kamu akan bekerja pada bidang yang kamu tekuni bukan?


Untuk itu tidak ada salahnya kamu menjalani pekerjaan sembari melaksanakan kuliah. Namun, tentu kamu memiliki tantangan yang lebih tinggi untuk bisa menyeimbangkan keduanya jika dibanding teman-teman yang tidak bekerja.


Mulai dengan Memantapkan Niat

Bagi yang mulai memiliki niat untuk bekerja, aku akan membagikan hal apa saja yang aku lakukan ketika memutuskan untuk bekerja pula. hal pertama dan paling utama menurutku adalah memantapkan niat yang mendasari keinginanmu untuk bekerja. Niat ini tentu berbeda antara satu dengan lainnya, jadi tentukan niat versi kamu ya...


Ada beberapa niat yang umumnya menjadi dasar motivasi seseorang untuk bekerja. Apa saja itu? Aku akan memberi contoh niatku untuk bekerja...


Niat utama yang aku tanamkan dalam diri adalah bahwa aku ingin menjadi seorang pribadi yang mandiri. Aku ingin belajar hidup memenuhi kebutuhanku dari hasil kerja keras dan usahaku sendiri. Memang hal ini juga dilatarbelakangi oleh keterbatasan dukungan dana yang mampu orangtuaku berikan. Sehingga aku harus mencukupi sisanya dari hasil keringat sendiri.


Bagi kamu yang memiliki kondisi yang sama, ini bisa menjadi modal awal niat yang kuat, lho...


Selanjutnya aku meniatkan bekerja sebagai kesempatan bagiku untuk menambah pengalaman baru. Pengalaman bekerja itu penting. Karena ketika aku lulus kelak dan benar-benar mefokuskan diriku dalam pekerjaan. Aku tidak akan terlalu kaget karena sudah memiliki pengalaman sebelumnya.


Ketiga nih. Tapi kayaknya tiga aja dulu ya. Aku meniatkan bekerja sambil kuliah untuk melatih diri dengan sikap profesional. Bersikap profesional adalah keterampilan wajib dalam dunia kerja esok. Dengan bekerja saat kuliah kamu bisa mulai melatih sikap profesionalmu semasa kuliah. Menariknya, kebanyakan atasan juga akan lebih banyak memaklumi apabila aku sebagai seorang mahasiswa belum cekatan dalam pekerjaan. Asal jangan mengulang kesalahan yang sama dua kali ya, kamu terlihat seperti bukan seorang pembelajar.


Pilih Pekerjaan yang Kamu Senangi

Kalau kamu sudah memiliki niat yang kuat untuk mulai bekerja. Langkah selanjutnya pilih pekerjaan yang kamu senangi. Pilihan pekerjaan menjadi penting karena kamu akan memberikan waktu, tenaga, dan pikiranmu disana juga. Dengan pengorbanan yang kamu berikan disana, sudah sepantasnya kamu menikmati apa yang kamu kerjakan.


Memilih pekerjaan yang sesuai juga akan meningkatkan gairah dan semangat kamu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan efisien. Jika hal tersebut dilakukan secara kontinu, bukan tidak mungkin kamu akan mendapat kepercayaan yang lebih dari atasan atau teman tempat dimana kamu bekerja.


Bagaimana cara memilih pekerjaan yang sesuai?

Jawaban pertanyaan tersebut tentu bergantung pada diri kamu masing-masing. kamu bisa memilih pekerjaan sesuai dengan bidang kuliah yang kamu dalami. Bisa juga memilih pekerjaan sesuai dengan hobi atau hal yang senang kamu lakukan. Terakhir kamu juga bisa memilih pekerjaan dibidang yang membuatmu penasaran dan ingin mendalami hal tersebut lebih jauh.


Pada akhirnya, mari kembalikan pada diri kamu terlebih dahulu. Apa kamu sudah mengenal diri kamu dengan baik? Apa yang kamu sukai? Kegiatan apa yang membuatmu bersemangat untuk terus melakukannya? Apa yang menjadi passion untuk kamu kembangkan?


Karena ingat, di tempat kerjamu nanti. Kamu akan memberikan banyak pengorbanan untuk tetap produktif didalamnya. Jangan sampai kamu tidak menyenangi pekerjaan tersebut dan merasa cukup ‘yang penting dapat uang’ dari sana.  Ada ilmu, keterampilan, dan pengetahuan yang juga perlu kamu cukupi kebutuhannya selama kamu menjalani sebuah pekerjaan.


Sesuaikan dengan Kesibukan Kamu

Sudah memiliki niat yang mantap, bidang yang disenangi. Eitss, ada satu yang lagi yang juga perlu kamu perhatikan. Yaitu jadwal kesibukan yang kamu miliki. Bekerja sesuai dengan porsi waktu yang kamu miliki adalah hal penting untuk tetap mengoptimalkan kesibukan harian kamu.


Perhitungkan jam kelas kuliah, waktu mengerjakan tugas, waktu bekerja, dan jangan ditinggalkan, waktu untukmu beristirahat dan evaluasi diri. Seimbangkan jadwal harianmu dengan kewajiban yang kamu miliki. Itu akan sangat membantumu dalam meningkatkan produktivitas.


Jika kamu sudah memiliki jadwal yang cocok, jadikan jadwal tersebut masuk dalam kesepatakan antara dirimu dengan pihak tempat kamu bekerja. Dengan begitu diharapkan akan dapat meminimalkan masalah miskomunikasi dan kesenjangan tuntutan yang mungkin terjadi kedepannya.


Mengatur kesibukan juga akan memudahkan kamu dalam membuat skala prioritas. Mana yang harus didahulukan, mana yang dapat kamu masukkan dalam jadwal antrian berikutnya. Disiplinlah dalam menjalankan prioritas yang sudah kamu susun agar berhasil menyelesaikan semuanya dengan tepat waktu.


Kesimpulan

Nah hal diatas tadi merupakan poin-poin yang menurutku penting untuk kamu perhatikan jika ingin mencoba kuliah sambil bekerja. Semua itu berdasarkan pada pengalamanku yang pernah mencoba kuliah sambil bekerja. Sehingga aku berharap tulisan ini dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk bekerja tanpa meninggalkan kewajiban kuliah.


Memang terlalu ideal dan selektif apabila berusaha untuk memenuhi semua yang aku tuliskan. Karena keadaan setiap kamu juga akan berbeda satu dengan yang lainnya termasuk aku. Tapi tidak ada salahnya menggunakan poin tersebut untuk menyesuaikan keputusan yang akan kamu pilih.


Jadi mungkin sekian dari aku. Semoga bermanfaat, dan terimakasih sudah bersedia membaca!!

Bagikan

Jangan lewatkan

3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Pilih Kerja Sambil Kuliah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.