Jumat, 25 Desember 2020

Ingin Melejitkan Bisnis? Ketahui Empat Alasan Penting Membangun Aset Digital Menyongsong New Normal


Setiap orang melakukan kegiatan usaha dengan beragam alasan. Ada yang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menambah pengalaman atau relasi, hingga memaksimalkan hobi yang dimilikinya. Namun, pandemi membuat segala aktivitas bisnis kita menjadi tidak optimal bahkan terancam merugi hingga gulung tikar.


Pandemi secara nyata banyak berpengaruh pada perkembangan bisnis. Hal ini dikarenakan pandemi  mengubah segala aspek bisnis meliputi pola konsumen, dimana itu berdampak pada pola marketing, hingga akhirnya pada portofolio bisnis itu sendiri! Sampai akhirnya kita akan menghadapi era new normal.


Pada kesempatan kali ini, aku ingin berbagi sedikit informasi dan mengenalkan ke kalian, tentang apa yang disebut dengan aset digital. Dengan lebih banyak meninjau pada pentingnya memiliki aset digital untuk menghadapi era new normal. So, mari mulai kita bahas!


Sebelumnya, apa itu aset digital? Berpegang pada pengertian Techopedia.com, aset digital adalah segala sesuatu yang akan terus ada dan hadir seiring dengan kemajuan teknologi, contoh sederhanya adalah konten. Baik berupa tulisan, maupun multimedia dalam bentuk gambar, video, atau rekaman. Dimana konten ini dapat diakses dimanapun dan kapanpun tanpa memandang jenis perangkat yang digunakan.

Lantas mengapa membangun aset digital ini penting?


Pertama, Bentuk Investasi Masa Kini



Zaman dahulu, orang hanya berinvestasi pada aset fisik atau berwujud. Semisal kepemilikan tanah, bangunan, dan mungkin surat beharga atau saham. Tetapi sekarang, investasi tidak cukup hanya dengan aset fisik saja, melainkan juga digital.


Perkembangan teknologi dan pandemi membuat semua orang memilih mencari informasi apa saja melalui internet dan media sosial. Untuk itu, kamu perlu membuat aset digital untuk bisnismu baik berupa website maupun akun media sosial.


Apakah investasi ini bernilai? Yah tentu saja. Melalui akun dan website bisnis tersebut. Kamu dapat mengunggah konten produk atau jasa yang bisnismu tawarkan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat beragam konten edukasi dan persuasif yang mendorong orang untuk lebih tertarik menjadi customer bisnismu! Kegiatan ini umum dikenal sebagai istilah softselling.


Investasi digital ini akan semakin bernilai dan bermanfaat apabila kamu senantiasa produktif mengisinya dengan konten edukasi dan mempromosikan produkmu. Disini, konsistensimu akan diuji untuk senantiasa mengembangkan akun dan website yang kamu punya. Serta kreativitas bagaimana agar asetmu semakin dikenal banyak pengguna lainnya.


Kedua, Meluaskan Citra Brand Bisnis Kamu



Poin kedua ini sebenarnya berhubungan dengan poin pertama. Bahwa salah satu target, agar invenstasi aset digital semakin bernilai adalah dengan membangun dan mempromosikannya. Jadi, tentu donk hasilnya adalah brand bisnis yang kamu buat akan semakin dikenal oleh banyak orang!


Salah satu aset digital yang aku sebutkan diawal adalah akun media sosial. Mengapa media sosial? Karena selama pandemi hingga new normal, media sosial memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan kita. Orang yang sering membagikan informasi atau pengalaman menarik hingga memiliki banyak follower dalam akun medsosnya akan dipandang lebih baik didunia nyata. Begitu juga bisnis yang kamu jalankan!


Dengan membangun akun medsos bisnismu, kemudian mengisinya dengan konten-konten bermanfaat yang secara tidak langsung juga mengedukasi orang akan pentingnya produk atau jasa yang kamu miliki. Orang akan dengan sendirinya tertarik dan akhirnya memutuskan menjadi customermu.


Melalui orang-orang inilah, bisnis kamu akan semakin tersebar dan dikenal lebih luas lagi oleh yang lainnya. Terlebih jika orang yang terlebih dahulu menjadi customermu merasa puas dan dengan sendirinya merekomendasikan bisnis yang kamu punya kepada orang lain. Mantap kan!


Ketiga, Menguatkan Portofolio dan Ekspansi Bisnis



Apa yang menjadi keunggulan utama dunia digital? Tentu saja menghubungkan banyak orang dari berbagai penjuru dalam satu platform. Artinya, dengan membangun aset digital bisnis yang kamu miliki. Secara tidak langsung membuatnya memiliki pasar yang jauh lebih luas dibandingkan sekedar satu tempat saja. Terlebih di era new normal segala jenis aktivitas kita dilakukan melalui dunia digital untuk menghindari kerumunan.


Kembali lagi, agar bisnismu semakin dikenal luas. Kuncinya adalah konsistenmu dalam membangun, mempromosikan, dan kreativitas dalam melihat peluang yang ada di media sosial. Konten adalah senjata utama ekspansi bisnis dunia digital. Kamu juga bisa menambahkan testimoni customer sebelumnya agar calon customer selanjutnya bisa lebih tertarik.


Selain itu, aset digital yang kuat tentu saja akan menguatkan portofolio bisnis yang kamu miliki. Dampaknya? Bisnis kamu akan semakin dipercaya oleh customer, lebih disukai karena mudah ditemukan, serta semakin dikenal karena ada dimana-mana. Eits, satu lagi, manfaat aset digital ada di poin 4!


Keempat, Memenangkan Kompetisi dan Hati Pembeli



Nah, poin keempat ini bisa dibilang merupakan puncak atau alasan paling kuat mengapa kamu harus membangung aset digital sekarang juga! Adalah untuk memenangkan kompetisi dan merebut hati pembeli agar memutuskan menjadi pelangganmu, hehe.


Untuk bisa memenangkan kompetisi dari para pesaingmu, kamu harus memiliki portofolio bisnis yang kuat. Dimana salah satunya hal penting didalamnya adalah aset digital yang menentukan seberapa terkenal dan eksisnya bisnismu di media sosial dan internet.


Portofolio yang baik juga tidak hanya membuatmu memenangkan kompetisi lho..! lebih jauh, hasil dari mengalahkan pesaing adalah banyak hati pembeli yang akhirnya menaruh minat untuk menjadi pelanggan bisnismu. Sehingga bisnis yang kamu bangun dapat tumbuh semakin besar dan menghasilkan lebih banyak keuntungan!


Selanjutnya ada hal terakhir yang harus kamu perhatikan nih!


Tips Mengembangkan Aset Digital

Buat kamu yang mau mencoba membangun aset digital, ada baiknya kamu bekerja sama dengan pihak lain! Maksudnya, cobalah bekerjasama dengan platform yang telah eksis dan dikenal banyak orang sebagai tempat untuk memasarkan dan mendapatkan produk-produk yang diinginkan masyarakat saat ini.

Seperti Indonetwork.co.id! apa itu, dan mengapa harus indonetwork.co.id?



Indonetwork merupakan platform perdagangan online terbesar dan terlengkap yang ada di Indonesia. Keunggulannya, indonetwork merupakan platform yang banyak dipilih orang, untuk melakukan perdagangan B2B Marketplace atau Business to Business tanpa mengurangi kenyamanan apabila ada pengguna yang ingin melakukan B2C atau Business to Customer.


Indonetwork juga merupakan Direktori Bisnis UKM terbesar di Indonesia yang selalu berkembang. Sebagai bentuk komitmen membantu UKM untuk bisa berkembang lebih besar lagi.


Intinya bagi kamu yang saat ini sedang merintis bisnis yang masih akan tumbuh, dikenal dengan istilah UKM. Bergabungkan untuk menjadi bagian dari indonetwork.co.id untuk menemukan beragam kebutuhan bisnis kamu atau menjadi supplier untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis yang kamu miliki!


harapannya bisnis kamu akan banyak dikenal orang lain melalui internet selama pandemi. Hingga Kemudian dikunjungi banyak orang ketika new normal diberlakukan.


Penutup

Oke, kamu sudah mengetahui empat alasan pentingnya membangun aset digital untuk menghadapi new normal dan tips dariku untuk kamu dengan mencoba plaform indonetwork.co.id sebagai penguat portofolio bisnismu. Ingatlah, bahwa semua nilai aset digital yang kamu miliki bergantung pada seberapa konsisten dan kreatif kamu dalam membangunnya.


Sekian postingan kali ini, jika menurutmu ini bermanfaat silakan bagikan bagi siapa saja yang membutuhkan. Mohon maaf apabila ada salah dalam penulisannya, dan terimakasih sudah berkunjung^^


Bagikan

Jangan lewatkan

Ingin Melejitkan Bisnis? Ketahui Empat Alasan Penting Membangun Aset Digital Menyongsong New Normal
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.