Jumat, 11 Desember 2020

Lima Langkah Jitu, Pasti Diterima Google AdSense!

Halo guys, masih dalam pembahasan google AdSense. Kali ini aku akan membagikan kepada kalian semua, tips apa saja yang berhasil mengantarkanku diterima menjadi publisher google AdSense. Tips-tips ini aku rangkum dari pengalaman dan berbagai referensi yang aku praktekan hingga berhasil. Dari sekian banyak kegagalan dan pelajaran yang aku alami. Setidaknya ada lima hal penting yang harus kalian ketahui dan persiapkan pada blog atau situs kalian yang akan dijadikan publisher Google AdSense.


So, biar ngga kelamaan intro. Aku mulai dari point pertama. Disclaimer dulu bahwa urutan point tidak menunjukkan prioritas secara langsung akan tetapi lebih pada tingkat kemudahannya untuk dipraktekkan! Cekidott..


Pertama, Buat Postingan Berkualitas dan Berbeda


Poin pertama ini sebenarnya merupakan kunci dari setiap blog yang ada  diper’Internet’an duniawi. Dimana tujuan dari seseorang berselancar dalam internet adalah untuk mencari Informasi dan menemukan jawaban dari apa yang mereka inginkan.


Nah, disilah peran kita untuk mengisi dan memberikan mereka informasi atau jawaban atas apa mereka butuhkan secara tepat dan jelas. Sehingga konten atau postingan kita akan berguna untuk orang lain dan disukai. Dari sinilah blog atau situs kita akan mulai tumbuh dan berkembang.


Terlebih dalam laman pendaftarannya. Google mengatakan bahwa mereka sangat menghargai konten yang kita buat dalam setiap situs milik kita. So, postingan yang berkualitas merupakan harga mati untuk google menentukan apakah kamu layak menjadi publisher atau tidak.


Kedua, Tentukan dan Tema dan Niche Blog Kita


Niche atau relung dikenal sebagai istilah untuk menyebutkan fokus topik atau dunia apa yang kamu bahas dalam blogmu. Sedangkan pemilihan tema lebih ke arah membantu niche terlihat lebih fokus dan menyenangkan.


Kenapa ini penting? Untuk kalian ketahui bahwa Google Adsense telah menggunakan optimasi iklan untuk membatu penayang mereka mendapatkan target pasar yang tepat. Melalui pemilihan topik dan tema yang menjurus akan memudahkan AdSense dalam menentukan iklan yang stragetis dan potensial untuk blogmu.


Nah, kalau situs milik kalian adalah sepertiku yang hanya sekedar blog pribadi tanpa tujuan apapun, tidak masalah! Jangan terlalu fokus atau pusing memikirkan topik apa yang akan kalian pilih. Bisa jadikan hobi, kesibukan, atau duniamu saat ini sebagai topik yang akan kalian pilih menjadi konten blog. Asal tetap menjurus, ini bisa jadi strategi jitu untuk mendaftarkan blogmu pada AdSense.


Ketiga, Lengkapi Halaman-Halaman Penting


Poin ini aku pahami setelah kegagalan keduaku pada pengajuan menjadi publisher google AdSense. Bahwa ternyata google sepertinya punya standar dalam menentukan situs mana yang dianggap layak dan kredibel, salah satunya melalui beberapa halaman penting yang kalian lihat pada gambar dibawah ini!


Halaman-halaman tersebut sepertinya merupakan halaman yang diharapkan google ada dalam setiap situs publisher mereka. Tapi, disini aku tidak akan membahas detail setiap halaman yang ada pada. Kalian bisa temukan pada postingan lainnya seperti pengertian, tujuan, dan cara membuatnya!


Setidaknya kalian mengetahui halaman apa saja yang dimaksud penting tersebut. Jika situs kalian belum memiliki halaman tersebut. Mulailah buat dari sekarang sebelum melakukan pengajuan!


Keempat, Bangun Trafik yang Stabil Meningkat Setiap Harinya

Aku ngajuin AdSense awal November saat trafik meningkat


Tips keempat ini sebenernya cukup tricky dan bergantung pada keberuntungan situasi sebenarnya. Tapi pada intinya adalah konsistensi yang perlu kamu buat sampai ada suatu momentum yang tepat. Jadi bagaimana kamu selalu siap, sehingga ketika momentum itu datang kamu dapat memaksimalkannya! Hehe. Itu sih maksud dari beruntung sebenarnya.


Sebagai contoh, aku yang menyukai pelajaran biologi dan sedang berkuliah dijurusan pertanian memilih membagikan seputar materi biologi sebagai konten blogku. Hal tersebut secara konsisten aku buat dan perbarui. Awalnya konten tersebut tidak banyak yang melihat, tapi aku coba konsistenkan sebagai konten blog yang ingin aku buat.


Lama waktu berlalu, konten tersebut ternyata melonjak saat pandemi seperti ini karena sekolah dilakukan menggunakan metode daring. Dimana intensitas pelajar yang mengakses internet untuk mencari bahan materi sekolah meningkat tajam. Hasilnya konten yang kubuat waktu itu, sekarang mampu mendatangkan banyak traffic!


Intinya tips poin ini berbicara bagaimana kamu konsisten membangun konten yang menjadi topik pilihan kamu. Yakin deh, kalau niche tersebut pasti akan memiliki momentumnya sendiri didepan sana!!


Kelima, Ajukan AdSense Saat Traffic Stabil dan Meningkat


Point terakhir ini adalah murni berdasarkan pengalaman yang aku rasakan. Pada postingan sebelumnya, aku bercerita tentang penolakan yang aku dapatkan hingga tiga kali. Sebelum akhirnya berhasil diterima menjadi publisher AdSense.


Salah satu faktor yang aku perhatikan selama perjuanganku adalah kondisi traffic. Pada pengajuanku yang pertama hingga ketiga, traffic blogku bisa dibilang masih sangat jauh dari normal. Maksudnya masih sangat sepi yang dateng :”)


Setelah itu aku menjeda cukup lama pengajuan keempatku. Dimana dalam kurun waktu tersebut, ternyata blogku mendapat lonjakan traffic yang cukup tajam. Karena merasa ini adalah sebuat momentum. Aku akhirnya mengajukan kembali blogku dan berhasil diterima menjadi publisher AdSense.


Poin kelima ini juga aku mencoba mengajakmu untuk bagaimana memilih momentum yang tepat sehingga mendapatkan hasil yang optimal^^


Kesimpulan

Pada dasarnya tidak ada mengetahui formulasi kriteria situs yang dianggap layak menjadi publisher oleh Google AdSense. Point-point diatas adalah hal yang aku dapatkan dari pengalaman dan bacaan.


Oke, itu tadi kelima point yang bisa aku bagikan pada teman-teman semua bagaimana tips untuk bisa menaklukan pengajuan Google AdSense. Jika ada yang ingin disampaikan, bisa gunakan kolom komentar atau kontak ya! Terakhir terimakasih sudah berkunjung! ^^


sumber gambar

unsplash.com dan dokumentasi pribadi

Bagikan

Jangan lewatkan

Lima Langkah Jitu, Pasti Diterima Google AdSense!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar