Rabu, 31 Maret 2021

Merawat Resolusi 2021 dalam Rangkai Perjuangan bersama ASUS ZenBook Flip S (UX371) Sang Idaman

 



Malam itu aku selesai menulis beberapa target dan kebiasaan hidup baru yang akan kuperjuangkan kedepan. Berharap bahwa tulisan-tulisan tersebut menjadi awal semangat dan komitmenku menjadikan 2021 tahun yang lebih baik. Karena katanya segala perbuatan baik itu dimulai dari niat yang baik pula.


Malam itu aku selesai membuat resolusi hebat untuk 2021. Malam itu, 80 hari yang lalu.


Resolusikah? Atau Sebatas Mimpi


Setiap orang termasuk aku tentu mengharapkan 2021 yang lebih baik. Dimana kita dapat lebih sering beraktivitas normal dengan menerapkan protokol kesehatan, melepaskan diri dari sesi virtual meeting yang menjemukan. Namun apa boleh dikata, pandemi kini belum sepenuhnya pulih untuk menjadikan 2021 kita sebaik harapannya. Termasuk menjalani resolusi sebagaimana mestinya


Kubaca ulang setiap resolusi yang kubuat diawal tahun ini. Beberapa target kujalankan dengan baik, sebagian lainnya dijalankan sesukanya, sesukanya mood^^. Oh ya, mayoritas resolusiku adalah seputar dunia kuliah ala ala mahasiswa pada umumnya. 

 

Mencakup keinginanku untuk lebih disiplin menjalani kuliah agar nanti hasilnya tidak membuat hati gelisah, menguasi suatu kemampuan baru yang dirasa seru, hingga lebih aktif dalam memberikan kontribusi di organisasi dan berprestasi. Tapi apakah dengan kondisi saat ini semua itu akan mungkin tergapai? 


Jika kamu tengah dilanda galau yang demikian, butuh motivasi untuk tetap meneruskan resolusi. Simak tulisan ini yang semoga dapat menyemangati dan memberimu seutas rekomendasi.


Pondasi Resolusiku


Tahun baru pada dasarnya hanyalah pergantian waktu yang sebenarnya tidak memberikan efek langsung pada diriku dan juga kamu. Pergantian tahun hanyalah momentum yang biasanya aku gunakan untuk menulis sebuah resolusi setiap tahunnya. Ada sebuah penelitian menarik tentang resolusi yang dibuat manusia setiap tahunnya.


Seorang psikolog bernama Dr. Richard Wiseman dalam penelitiannya menyatakan bahwa 88% orang gagal mencapai resolusinya. Waduh, lantas bagaimana resolusi yang kubuat selama ini ditahun sebelumnya? Apakah itu semua sia-sia?


Tentu saja tidak, selama resolusi itu bisa menyemangatiku bergerak menjadi lebih baik, itu adalah sesuatu yang bermanfaat! Tapi kenapa banyak orang termasuk aku gagal dalam mencapai resolusinya?


Nah, jawaban menarik terdapat pada sebuah buku berjudul ‘The Atomic Habits’ karya James Clear tentang bagaimana goal manusia bekerja.


Buku ini menjelaskan bahwa niat perubahan yang dilakukan kebanyakan orang adalah berfokus pada outcome yang ingin dicapai, termasuk dalam membuat sebuah resolusi. Misal nih, sebagai mahasiswa aku menulis resolusi ingin mendapatkan IP lebih tinggi dari semester sebelumnya!


Resolusi ini sebetulnya bukan salah untuk dilakukan. hanya saja ini dinilai kurang efektif untuk mengubah kebiasaan hidupku. Karena pendekatan perubahan diri melalui nilai outcome tidak membantuku untuk merumuskan proses apa yang harus kujalani untuk menggapainya.


Nah maka dari itu, James Clear menjelaskan bahwa cara terbaik untuk melakukan perubahan diri adalah dengan berfokus pada identitas diri yang ingin aku bangun. Setelahnya, baru aku dapat merumuskan jalan proses yang akan dilalui. Sehingga aku dapat menggapai outcome yang diinginkan.



Bingung? Mari kembali ke resolusiku^^


Resolusiku tahun ini adalah untuk ‘mendapatkan hasil kuliah yang lebih baik dari sebelumnya’. Nah frasa ‘mendapat hasil yang lebih baik’ merupakan outcome atau luaran yang ingin aku dapatkan dari resolusiku tahun ini. Tentu saja ini merupakan suatu hal baik, tetapi aku melewatkan bagian yang lebih penting, yaitu proses dan penentuan identitas.


Identitas adalah predikat atau pengenalan untuk menyebut diriku sendiri. Penentuan identitas inilah yang seharusnya menjadi dasarku menentukan resolusi yang ingin dicapai. Karena dengannya aku dapat menyusun alur proses yang harus dijalani. Sehingga menghasilkan kebiasaan efektif yang mendukung resolusi.


Oleh sebab itu, aku menyusun frasa ‘mendapatkan nilai lebih baik’ berubah menjadi identitas  menjadi seorang mahasiswa yang bertanggung jawab’. Frasa ini merupakan identitasku yang menjadi dasar resolusi perubahan! Berpegang pada identitas diri tersebut, aku merumuskan bagaimana seharusnya proses yang aku jalani untuk menjadi seorang mahasiswa yang bertanggungjawab.


Dengan membiasakan diri menjalani hidup sebagai seorang mahasiswa yang bertanggungjawab. Maka bukan mustahil aku berhasil mendapatkan nilai yang lebih baik dari sebelumnya. Gimana guys? Mulai paham dengan pondasi resolusi ini?


Kalau begitu identitas diri apa nih yang ingin kamu gunakan untuk menentukan resolusi 2021 ini?


Tiga Kiat Jitu Dalam Mewujudkan Resolusi


Dalam menjalani proses menggapai resolusi, adalah hal wajar apabila kamu mengalami berbagai kendala dan masalah. Terlebih seperti sekarang ini, tahun 2021 yang belum sepenuhnya membaik. Karen akupun demikian ketika menjalani perjuanganku menjaga semangat menjadi mahasiswa bertanggungjawab.


Kuliah daring semakin lama terasa semakin membosakan dan menjemukan. Duduk seharian didepan laptop, mengerjakan tugas dan mengikuti kelas kuliah dari pagi hingga sore hari. Bahkan tak jarang hingga larut malam, membuatku ingin menyudahi semua ini.


Rasa lelah tentu saja seringkali menghinggapi diri ini dan mengajakku untuk menyerah saja. Disinilah nilai identitas diri membantuku untuk terus bertahan dari segala tantangan proses.


Mengambil rehat itu adalah hal wajar. Istirahatlah jika lelah, tetapi jangan berhenti untuk tetap berproses setiap harinya hingga resolusimu tercapai. Saat menjalani proses, aku selalu berpegang pada kiat-kiat penting yang membuatku lebih baik di tahun 2021.


Apa saja itu? Kiat-kiat ini meliputi strategi produktif, agile, dan flexibel. Aku mulai kupas dari yang pertama.


Produktif

Dunia saat ini bergerak semakin cepat dan dinamis. Untuk itu, kita dituntut bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut. Nah, kiat produktif menjadi sangat dibutuhkan untuk menjaga peforma prosesmu. Ada banyak referensi yang dapat kamu baca untuk lebih memahami mengenai kiat produktif.




Agile

Agile sendiri dalam bahasa inggris berarti tangkas. Arti tangkas disini jangan kamu artikan sebatas kemampuan fisik saja lho. Tangkas ini sejatinya lebih mencakup pada kemampuan kamu mengeksekusi setiap peluang dan menyelesaikan setiap tantangan yang ada. Sehingga kamu dapat dikatakan sebagai pribadi yang tangkas.


Flexibel

Meski terakhir, fleksibel ini juga merupakan kiat yang penting lho. Fleksibel sendiri sering dikaitkan dengan kemampuan beradaptasi seseorang. Kiat ini juga sangat mendukungmu menjalani dunia yang dinamis. Dimana seringkali kenyataan yang hadir tidak seindah harapannya, termasuk pandemi 2021 ini.


Bagaimana? Apakah kamu punya kiat-kiat hebat lainnya yang cocok untuk menemani proses di 2021 ini? Oke lanjut.


Masih seputar dunia 2021 nih. Kehidupan kita sekarang tentu sudah tidak terpisahkan lagi dengan teknologi digital. Digitalisasi seakan membentuk dunia pararel yang hidup berdampingan dengan kehidupan kita yang sesungguhnya, wahh jadi berat gini^^


Berbicara tentang teknologi tentu akan selalu berkaitan dengan perangkat yang mendukungnya berupa laptop. Apalagi 2021 kini laptop seakan menjadi barang wajib yang harus dimiliki agar dapat menjalani segala rutinitas daring dengan baik. laptop modern tentu akan selalu menawarkan peforma handal yang mendukung kinerja pemiliknya.


Nah, jika kamu juga tengah mencari laptop modern dengan segudang peforma masa kini. Ada baiknya kamu simak Sang Impianku yang pastinya bakal sangat mendukung proses resolusi diri! Penasaran? ini dia Asus ZenbBook flip (UX371)! Yuk simak apa aja keunggulan didalam laptop masa kini tersebut.


ASUS ZenBook Flip S (UX371) Laptop Modern Masa Kini



Kamu tentu tidak asing lagi dengan brand ASUS yang telah dikenal luas melalui keandalan produknya. Asus ZenBook Flip S merupakan laptop convertible dari laptop paling premium ASUS sebelumnya yaitu Asus ZenBook S. ZenBook Flip S menawarkan berbagai kemudahan laptop modern yang ringkas dan didukung beragam fitur unggulannya.


Laptop ini merupakan komputer modern masa kini yang diciptakan khusus untuk menjawab segala kebutuhan insan kreatif dan kekinian sepertimu. Tapi mengapa harus komputer masa kini?


Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.


 

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.


Ada dua value utama yang menjadi menjadikan laptop ZenBook Flip S (UX371) ini layak menyandang predikat laptop masa kini. Yaitu melalui dukungan penyimpanan kilat SSD berkapasitas besar dan stylus pen yang memanjakan kreasi tanpa batasmu!


Dukungan SSD untuk Akses Data Kilat

Jika kamu membeli laptop beberapa tahun silam, SSD masih merupakan komponen yang cukup jarang didapatkan dalam sebuah laptop. Hal ini tentu berbeda dengan laptop masa kini yang menjadikan SSD sebagai kebutuhan wajib yang harus melekat sebagai penyimpanannya. Terlebih SSD M.2 NVMe merupakan produk teknologi terbaru yang telah hadir pada ZenBook flip S ini.


M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD menawarkan kecepatan akses data yang benar-benar kilat mencapai lebih dari 1800 Mb/s memungkinkan kamu bekerja cepat dan efisien tanpa mengalami kendala apapun. Selain itu, bentuk dari SSD M.2 NVMe ini lebih ramping dan kecil sehingga tidak memakan banyak tempat. Mendukung trend laptop ringkas masa kini. Ditambah ukuran kecilnya juga memudahkan aliran panas leluasa bergerak dalam laptop saat digunakan.


Hebatnya kamu akan mendapatkan kapasitas SSD super besar yaitu 1TB! Dalam laptop ZenBook flip S (UX371) ini. Sehingga sangat memudahkanmu menyimpan dan mengakses semua file dan keperluanmu. Gimana? Luar biasa bukan! Benar-benar laptop masa kini Sesungguhnya.


Kreasi Mulus Berkat Pen Stylus

Apakah kamu seorang desain grafis atau pekerja industri kreatif lainnya yang masih menggunakan laptop normal pada umumnya? Pastinya ngerasain donk ya bagaimana sulitnya bekerja dengan eksternal pen tab karena tangan kita menggambar pada papan sedangkan mata kita menatap ke layar. Susah sinkron nih pastinya kalau belum terbiasa.


Menjawab kesulitan tersebut, ASUS ZenBook Flip S hadir dengan pen stylus tersedia bersama Sang Laptop. Berkat adanya pen stylus ini, kamu yang berkutat dalam industri kreatif akan mendapatkan pengalaman sempurna dalam menciptakan sebuah karya digital terbaik!


Stylus pen ini telah didukung teknologi terkini yang mampu meminimalkan delay dalam setiap goresannya. Sehingga kamu akan mendapatkan sensasi mulusnya bekerja dengan layar digital yang sangat interaktif.



Bagaimana pendapat awalmu dengan dua keunggulan tadi guys? Semakin penasaran? Tertarik? Jika demikian kamu harus lanjutkan membaca lima alasan mengapa Asus Zenbook Flip S menjadi pilihan laptop masa kini terbaik.


5 Alasan ASUS ZenBook Flip S Mendukungku Meraih Resolusi 2021


1.Dapur Pacu Tangguh

Prosesor merupakan komponen utama karena berperan dan performa komputasi laptop. Oleh karena itu, laptop modern haruslah memiliki prosesor tangguh dan kuat melibas segala kebutuhan digital kita. ZenBook Flip S telah dibekali dengan prosesor dari Intel generasi terbaru yang tentu telah memiliki beragam teknologi terbaik didalamnya.


Lebih dari itu, prosesor terbaru ini juga telah terintegrasi dengan chip grafis Intel Xe Graphics. Hal ini meningkatkan kemampuan prosesor untuk menyuguhkan visual yang detail dan grafis yang lebih nyata. Sehingga sangat mendukung kegiatan kreatif kita semua.


Menariknya, perpaduan dapur pacu yang sempurna ini sangat mendukung dalam menjalankan kiat agile dalam prosesku menggapai resolusi 2021 ini. Setuju ngga nih?





2.Body Ringkas dan Ergonomis

Menyempurnakan generasi sebelumnya dan mengukuhkan identitas sebagai laptop masa kini. Asus ZenBook Flip S dirancang agar ringkas dan terasa kompak untuk dibawa mengikuti mobilitas tinggi kamu. Meski tidak mengejar predikat sebagai laptop tipis, body ZenBook ini telah memiliki berat yang ringan dan desain yang elegan.


Semua desain body ini sengaja dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan daring masa kini guys. Bahkan menurutku body laptop ini juga sesuai dengan kiat selanjutnya yang aku bangun, yaitu flexibel! karena bisa mengikuti kemanapun dan apapun kegiatan yang kulakukan.



3.Konektivitas Tanpa Batas

Bagian ini gaboleh absen untuk dibahas di ZenBook Flip S karena seringkali laptop ultrabook  lain memangkas bagian ini demi mengejar predikat laptop tipis. Padahal sejatinya konektivitas ini sangat berguna dalam penggunaan laptop sehari-sehari. Maka ZenBook Flip S ini hadir dengan mengutaman portabilitas laptop yang tetap mengakomodasi kebutuhan konektivitas yang beragam. Jadi kamu gaperlu khawatir pakai berbagai perangkat pendukung dan ribet dengan penggunaan dongle.


Tidak hanya soal konektivitas kabel, dari sisi konektivitas nirkabel ZenBook Flip S juga telah dilengkapi teknologi WiFi 6 yang ditemani fitur canggih WiFi Smart Connect. Membuat pengalaman bekerja dengan laptop ini menjadi semakin mudah. Sekali lagi, laptop ini sangat mendukung kiatku menggapai resolusi yang selanjutnya yaitu menjadi pribadi produktif! Pokoknya mantap deh.



Hmm, rasa-rasanya sudah selesai ya apabila kita membahas tiga keunggulan saja yang ternyata sudah sangat mendukung kiatku berproses menggapai resolusi yang kusebutkan diawal. Nah, tapi yang namanya laptop masa kini tentu kurang donk kalau hanya menawarkan nilai ‘Cukup’ saja. Harus ada fitur unggulan selanjutnya nih yang musti aku bahas juga. Kalau begitu yuk lanjut!


4.Layar Jernih dan Immersive

Dari awal laptop ZenBook ini sering disebut mampu memehuni kebutuhan digital masa kini termasuk karya kreatif bagi kamu para kreator. Untuk itu, ZenBook telah memiliki layar berukuran 13,3 inch yang memanjangan penggunanya dengan berbagai teknologi terbaik.


Layar ZenBook Flip S ini telah menggunakan panel OLED yang mampu menghadirkan luasan warna hingga 100% DCI-P3. Disisi lain, layar ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan membantumu menjaga kesehatan mata saat berlama-lama menatap laptop ini.



Bagaimana? Kurang Lengkap apa nih laptop ini mencukupi kebutuhanmu..

Tambahan biar makin mantep! Layar ini juga mendukung 4 mode yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan baik dalam ruangan hingga mobilitas yang padat. Keren kan.



5.Sentuhan Premium Keyboard dan Fitur Pendukung WFH

Keunggulan terakhir yang ingin aku bahas sekaligus penyempurna segala keunggulan ZenBook Flip S ini sebagai laptop masa kini adalah pada keyboard dan fitur WFH nya. Keyboard laptop ini didesain menggunakan fitur Edge-to-Edge serta ukuran tombol yang besar serta sangat memaksimalkan ruang badan laptop yang terbatas. Sehingga kamu bisa merasakan pengalaman mengetik terbaik.


Untuk memastikan bahwa kamu dapat terus memberikan kinerja terbaik selama WFH. ZenBook Flip S juga telah dilengkapi dua fitur unggulan nih. Pertama adalah pada camera yang telah disematkan teknologi IR Camera-tuning. Menjadikan kualitas gambar yang dihasilkan lebih jernih dan tajam. Kedua adalah pada mikrofon yang telah didukung AI Noise Cancelling. Sehingga suara kamu menjadi lebih jelas dan suara latar lainnya dapat diredam lebih baik.



Luar biasa bukan seluruh keunggulan yang ada di ZenBook Flip S (UX371) ini. Asus benar-benar serius memberikan laptop masa kini terbaik yang mampu menunjang segaga kebutuhan kita dalam menggapai resolusi 2021. Oke, berikut spesifikasi lengkapnya ya...



Sebuah Penutup


Pandemi memang belum sepenuhnya membaik di 2021 ini. Meski pada akhirnya aku dan kamu masih harus terus berjuang dari segala keterbatasan. Tapi yakinlah bahwa resolusi itu tetap ada dan pasti akan terwujudkan suatu saat nanti.  Dimana aku sendiri selalu berusaha menitipkan pesan dalam diri bahwa segala proses yang aku lalui kelak akan menuai hasil.


Proses yang baik bukanlah yang hanya membutuhkan sedikit waktu. Atau yang menuai hasil luar biasa besar. Proses yang baik adalah yang menghadirkan pelajaran dan makna. Dari proses itu akan lahir juga komitmen yang kuat tentang identitas diri yang ingin kamu raih.


James Clear dalam bukunya telah memberi contoh bagaimana identitas diri itu dibuat:

‘The goal is not to write a book, the goal is become a writer

‘The goal is not to get high salary, the goal is to be a leader

Maka resolusi yang kubuat tahun 2021 kini pun berubah menjadi sebuah nilai identitas

‘Resolusiku bukan untuk mendapatkan nilai yang baik, Resolusiku adalah menjadi mahasiswa yang bertanggungjawab

‘Resolusiku bukan untuk menulis banyak konten, Resolusiku adalah menjadi seorang blogger

Ketika kamu memaknai identitas diri yang kamu tetapkan dengan sungguh-sungguh. Sejatinya kamu telah siap menggapai resolusi hebatmu di 2021. Dengan begitu kamu juga akan mengetahui tantangan apa yang mungkin akan menghadangmu didepan. Maka pastikan ya, ZenBook Flip S (UX371) telah siap sedia menemani jalan panjang proses menggapai resolusi!



Kalau begitu sekian postingan ini aku buat, jika ada yang ingin didiskusikan silakan ramaikan kolom komentar. Terimakasih dan Apa resolusimu tahun ini? Sampai juga dipostingan selanjutnya.


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com

***

Referensi

Aji, D. (2018, Januari 3). Fakta dan Mitos untuk Mewujudkan Resolusi. DarmawanAji: https://darmawanaji.com/fakta-dan-mitos-untuk-mewujudkan-resolusi/. Diakses pada 29 Maret 2021

Hakim, M. (2020, Oktober 22). Atomic Habits Book Resume. By – James Clear. Introvertitukeren: https://introveritukeren.com/catatan-ringkasan-intisari-buku-atomic-habits/. Diakses pada 29 Maret 2021

Febriansyah, M. (2020, Desember 7). Perbedaan SSD SATA vs NVMe vs M.2. DiklikAja.com: http://diklikaja.com/smartblog/178_perbedaan-ssd-sata-nvme-m2.html. Diakses pada 29 Maret 2021

Bagikan

Jangan lewatkan

Merawat Resolusi 2021 dalam Rangkai Perjuangan bersama ASUS ZenBook Flip S (UX371) Sang Idaman
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
5 April 2021 22.31

Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

Good luck!

Reply