Materi Biologi Kelas 12: Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

 Sebagaimana ciri makhluk hidup, hewan melakukan berbagai proses pertumbuhan dan perkembangan selama hidupnya. Seringkali kamu kebingungan memahami pertumbuhan hewan karena setiap jenis memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Untuk itu, postingan ini dibuat untuk membantu kamu memahami kunci tahapan pertumbuhan hewan.

Oleh karena itu, pastikan kamu memahami postingan ini sampai akhir untuk mendapatkan pamahaman yang utuh.

Proses pertumbuhan dan perkembangan hewan dibagi menjadi dua tahap. Pertama tahap Embrio dan kedua tahap setelah embrio.

Tahap Embrio

Tahap embrio dimulai dengan bersatunya sperma dan sel telur yang disebut fertilisasi. Hal ini menyebabkan reaksi metabolik didalam sel telur yang memicu perkembangan awal embrio. Fertilisasi menyatukan kumpulan kromosom haploid dari kedua gamet menjadi sebuah sel diploid (zigot). Tahap embrio dibagi menjadi empat fase yaitu morulasi, blastulasi, gastrulasi, dan organogenesis.


Morulasi

Pembelahan sel menjadi lebih kecil yang masing-masingnya memiliki inti yang disebut blastomer. Pembelahan terjadi lebih cepat pada kutub animal dan vegetal. Blastomer hasil pembelahan selanjutnya membentuk bola yang disebut dengan morula. Peristiwa ini yang dinamakan morulasi.

Blastulasi

Merupakan proses terbentuknya blastula yang merupakan lanjutan morula. Dimana sel pada morula terus membelah membentuk rongga blastosel diantara kutub animal dan vegetal. Rongga tersebut kemudian mulai terisi dengan cairan blastosol.

Gastrulasi

Merupakan proses dinamis dimana sel permukaan blastula berpindah lokasi hingga terbentuk tiga lapisan germinal yaitu ektoderm (lapisan luar), mesoderm (lapisan tengah), dan endoderm (lapisan dalam). Seiring dengan berjalannya proses blastulasi, terjadi pula proses diferensiasi sel.

Organogenesis

Merupakan proses pembentukan berbagai organ tubuh yang berkembang dari lapisan-lapisan embrionik. Berikut merupakan organ yang tumbuh dari lapisan embrionik.

Lapisan Embrionik

Organ dan jaringan pada hewan dewasa

Ektoderm

Sususan syaraf (otak dan sumsum tulang belakang)

Indra utama (mata, telinga, pembau, dan pengecap)

Epidermis dan epitel

Mesoderm

Otot dan tulang aksila

Sistem pelengkap (ekor dan lengan)

Sistem ekskresi

Sistem sirkulasi

Endoderm

Saluran Pencernaan

Sistem pernafasan

Hati, Pankreas dan Paru-paru

 

Tahap Setelah Embrio

Tahap ini dimulai ketika hewan tersebut lahir atau menetas hingga dewasa. Tahap ini merupakan proses pematangan hingga menjadi Individu yang sempurna. Proses pematangan ini dibedakan menjadi regenerasi, metamorfosis, dan metagenesis.

Regenerasi


Merupakan proses perbaikan jaringan tubuh yang rusak akibat terluka. Pada hewan tingkat rendah, semisal planaria. Jaringan yang terpotong dapat beregenerasi menjadi individu baru. Pada hewan tingkat tinggi dan manusia, kemampuan ini hanya dapat memperbaiki jaringan bukan membentuk organ baru

Metamorfosis

Merupakan serangkaian proses perubahan bentuk, ukuran, struktur, dan fungsi bagian bagian tubuh secara bertahap yang dimulai dari telur hingga dewasa. Metamorfosis dibagi dalam jenis serangga dan katak.

Metamorfosis serangga

Proses ini dipengaruhi oleh hormon juvenil dan ekdison. Dimana dalam serangga dibagi menjadi dua kembali yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

a.     Sempurna (holometabola) meliputi fase telur larva pupa dewasa. Contohnya: kupu-kupu, lalat, dan nyamuk.

b.     Tidak sempurna (hemimetabola) meliputi fase telur nimfa dewasa

Metamorfosis katak


Proses ini dipengaruhi oleh hormon tiroksin yang meliputi fase telur berudu berudu bernafas dengan insang dalam katak dewasa. Berudu hidup dalam air sebagai herbivor, sedangkan katak dewasa hidup didarat sebagai karnivor.

Metagenesis

Merupakan peristiwa pergiliran generasi antara fase generatif (seksual) dan fase vegetatif (aseksual) dalam siklus hidupnya. Contonya yang terjadi pada ubur-ubur.


***

Sekian postingan kali ini, apabila kalian merasa ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman-teman yang lain. selamat belajar dan terimakasih sudah berkunjung^^

Materi Biologi Kelas 12: Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan Materi Biologi Kelas 12: Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan Reviewed by izzuddinHisyaam on Juli 19, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.