Kampus ITB Jatinangor : Mengenal Jurusan di Kampus Kedua ITB

sumber: itb.ac.id

Kampus ITB Jatinangor merupakan kampus ITB kedua yang berada di kabupaten Sumedang tepatnya di kecamatan Jatinangor. Kampus ini memang masih sangat baru dibandingkan kampus ITB Ganesha yang biasa kita kenal.

Kampus ini dikembangkan sebagai perwujudan kerjasama ITB dengan pemerintah provinsi Jawa Barat untuk mengembangkan lingkup keilmuan yang diajarkan sebagai upaya memenuhi kebutuhan tenaga ahli di masa depan.

Buat kamu yang masih bingung mengenai kampus ITB yang satu ini... tenang saja. Pada postingan ini kamu akan mendapatkan gambaran lebih detail mengenai kampus yang penghuninya disebut ‘Nangorian’ tersebut.


Lokasi dan Cara Akses ke Kampus


Lokasi kampus ITB Jatinangor memiliki alamat lengkap di Jl. Let. Jend. Purn. Dr. (HC) Mashudi No.1, Sayang, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Lokasinya bersebelahan persis dengan kampus UNPAD yang telah lebih dahulu memusatkan kampus utamanya di Jatinangor.

Jarak kampus ITB Jatinangor dengan ITB Ganesha adalah sekitar 26 km jika ditempuh tidak melalui jalan tol. Waktu tempuh yang dibutuhkan berkisar 30 menit – 2 jam bergantung kendaraan yang digunakan.

Karenanya, jika menggunakan mobil memang lebih cepat melalui tol meskipun jarak tempuhnya lebih jauh.


Cara Menuju Kampus ITB Jatinangor


Untuk dapat sampai ke kampus ITB Jatinangor kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi, bus damri, atau jasa travel. Akses paling efisien dari bandung ke kampus ITB jatinangor menurutku memang menggunakan motor.

Karena banyak titik sepanjang perjalanan yang merupakan daerah rawan macet dan memperlama perjalanan jika menggunakan mobil.

Jika kamu tidak memiliki motor, tenang saja. Kamu dapat menggunakan alternatif lain berupa bis dan agen travel. Selain tidak perlu repot repot berkendara, waktu tempuh kamu juga tidak akan memakan waktu yang lama karena keduanya sama – sama memanfaatkan jalan tol.

Jika ingin menggunakan bis kamu bisa naik kendaraan dengan tujuan ‘Jatinangor’ pada halte yang tersedia. Untuk keberangkan dari kampus ITB Ganesha, kamu bisa naik dari halte Dipatiukur. Jika ingin menggunakan travel kamu bisa memesannya pada agen di Baltos (Balubur Tows Square) yang dekat dari ITB Ganesha.

Satu lagi, ITB juga menyediakan shuttle bus khusus untuk mahasiswa ITB dari Ganesha ke Jatinangor atau sebaliknya dengan beberapa jadwal keberangkatan setiap harinya.

Banyak kan, sarana yang dapat kamu gunakan...


Jurusan di Kampus ITB Jatinangor


Bagian ini nih, yang sering ditanyakan banyak orang. Jurusan apasih yang berkuliah di kampus ITB Jatinangor? Ada tiga fakultas yang sampai saat ini ditempatkan di kampus ITB Jatinangor. Tetapi ada mahasiswa lain diluar tiga fakultas tersebut yang menjalani kuliah di sini.

Oiya, jurusan ini adalah jurusan sarjana yaa, karena selain program sarjana ada program pascasarjana juga yang berkuliah disini. Yuk tahu lebih detail prodi apa saja yang ada di kampus ITB Jatinangor!


SITH – R (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – Rekayasa)



SITH – R merupakan singkatan dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – Rekayasa. Fakultas ini merupakan kesatuan dari fakultas SITH dengan fokus pada bidang studi yang berkaitan dengan upaya memadukan ilmu hayati dan teknik.

Baca Juga: Mengenal Fakultas SITH – R dan prodi didalamnya

Fakultas SITH – R terdiri dari empat program studi meliputi Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, dan Teknologi Pasca panen. Dulunya fakultas SITH – R menjalani masa TPB di kampus ganesha dan baru pindah ke jatinangor saat penjurusan.

Prodi Rekayasa Hayati sekilas merupakan jurusan yang serupa dengan teknik kimia, tetapi menjadikan tanaman sebagai fokus utama unit produksi dipelajari. Di prodi ini kamu akan belajar banyak hal dari ilmu hayati hingga teknik.

Tapi kalau dihitung – hitung banyak tekniknya sih..

Rekayasa Pertanian merupakan program studi yang memadukan prinsip – prinsip pertanian konvensional dan keilmuan rekayasa untuk menciptakan suatu sistem pertanian yang berkelanjutan. Disini kamu akan belajar banyak mengenai pertanian dan ilmu teknik yang dapat diterapkan untuk memajukan pertanian kita.

Rekayasa Kehutanan adalah prodi dimana kamu akan belajar interdisiplin ilmu kehutanan dengan rekayasa yang diaplikasikan dalam bioproses serta biosistem untuk menjaga kelestarian hutan, memanipulasi hutan agar pemanfaatannya berkelanjutan, dan mengkontruksi hutan-hutan baru.

Teknologi Pasca Panen merupakan program studi yang berfokus kepada penanganan produk hasil produksi baik pertanian, kehutanan, maupun perikanan. Hal ini karena penanganan pasca panen masih menjadi tantangan kita yang mengakibatkan penurunan kualitas dan kuantitas yang memiliki nilai ekonomi.


FTSL – J (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan – Jatinangor)



FTSL – J merupakan kesatuan dari fakultas FTSL yang menjalani perkuliahan di Jatinangor. Sehingga diberi tambahan ‘- J’ di belakangnya. Terdapat dua program studi yang ada di Jatinangor yaitu RIL (Rekayasa Infrastruktur Lingkungan) dan TPSDA (Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Air).

Rekayasa Infrastruktur Lingkungan merupakan prodi yang berfokus untuk menjawab tantang kita mengenai kebutuhan air bersih dan sanitasi. Kamu akan belajar bagaimana penyediaan air bersih untuk kepentingan manusia baik secara kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Upaya pengendalian pencemaran air dan polutan di lingkungan.

Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya merupakan prodi yang berfokus pada menjawab tantangan keairan yang semakin lama menjadi isu yang semakin penting. Disini kamu akan dibekali dengan keilmuan untuk siap menyelesaikan permasalahan seperti ketahanan pangan, permasalahan banjir, kekeringan, hingga degredasi air dan lahan.


FTI – J (Fakultas Teknologi Industri – Jatinangor)



Serupa dengan FTSL – J yang menandakan bahwa lokasi perkuliahan prodi ini berada di kampus ITB Jatinangor. Terdapat dua prodi pada fakultas ini yaitu Teknik Bioenergi dan Kemurgi dan Teknik Pangan.

Teknik Bioenergi dan Kemurgi merupakan jurusan yang berfokus untuk menjawab tantangan Indonesia sebagai pusat perekonomian dunia berbasis hayati. Disini kamu akan belajar ilmu dan teknik berbasiskan konsep kimia/fisik untuk meningkatkan nilai tambah suatu materi dalam skala komersil.

Teknik Pangan adalah prodi yang bertujuan untuk mengolah pangan secara berkelanjutan serta menyempurnakan proses produksi pangan yang telah ada agar menjadi lebih efisien. Disini kamu disiapkan untuk berperan dalam menanggulangi isu – isu nasional bio-based economy.


TPB Kampus Cirebon


Terakhir adalah mahasiswa TPB kampus Cirebon yang mana hingga saat ini kegiatan perkuliahan masih dilaksanakan di kampus Jatinangor. Secara kurikulum tidak ada perbedaan dengan mahasiswa TPB yang berkuliah di Ganesha.

Hanya saja karena kampus Cirebon masih dalam proses pembangunan dan persiapan. Maka perkuliahan belum dapat dilaksanakan disana. Rencananya, mahasiswa baru 2022 sudah dapat menggunakan kampus cirebon untuk berkuliah.

Sekian tulisanku mengenai jurusan di kampus ITB Jatinangor. Jika kamu rasa ini bermanfaat boleh banget untuk bagikan ke teman – teman yang lain, serta terimakasih sudah berkunjung^^

Kampus ITB Jatinangor : Mengenal Jurusan di Kampus Kedua ITB  Kampus ITB Jatinangor : Mengenal Jurusan di Kampus Kedua ITB Reviewed by izzuddinHisyaam on Juli 15, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.